training ahli k3 umum


Kecelakaan Akibat Kerja

Posted in Artikel by Phitagoras on November 7, 2012

Berikut dibawah ini adalah beberapa penyebab dan faktor akibat dari kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja sering terjadi karena faktor kesalahan manusia atau human error dan faktor alat

Faktor Human Error adalah :
Background pendidikan pekerja.
Psikologis pekerja.
Keterampilan pekerja.
Fisik pekerja.

Background Pendidikan
background pendidikan banyak mempengaruhi seseorang dalam bekerja. Orang yang memiliki pendidikan yang lebih tinggi cenderung berpikir lebih panjang atau dalam memandang sesuatu pekerjaan akan melihat dari berbagai hal. Misalnya dari segi keamanan alat atau dari segi keamanan diri. Lain halnya dengan orang yang berpendidikan lebih rendah, cenderung akan berpikir lebih pendek atau bisa dikatakan ceroboh dalam bertindak. Misalnya Ketika kita melakukan pekerjaan yang sangat beresiko terhadap kecelakaan kerja tetapi kita tidak memakai peralatan safety dengan benar. Hal ini yang tentunya dapat menimbulkan kecelakaan.

Psikologis
Faktor Psikologis juga mempengaruhi terjadinya kecelakaan kerja. Psikologis seseorang sangat berpengaruh pada konsentrasi dalam melakukan suatu pekerjaan. Bila konsentrasi sudah terganggu maka akan mempengaruhi tindakan-tindakan yang akan dilakukan ketika bekerja. Sehingga kecelakaan kerja sangat mungkin terjadi. Contoh faktor psikologis yang dapat mempengaruhi konsentrasi adalah :

  • Masalah-masalah dirumah yang terbawa ke tempat kerja.
  • Suasana kerja yang tidak kondusif.
  • Adanya pertengkaran dengan teman sekerja.
  • dan lain sebagainya

Faktor Keterampilan
Keterampilan disini bisa diartikan pengalaman seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan. Misalnya melakukan start/stop pada sebuah peralatan, memakai alat-alat keselamatan, dsb. Pengalaman sangat dibutuhkan ketika melakukan pekerjaan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang berakibat timbulnya kecelakaan kerja.

Faktor Fisik
Lemahnya kondisi fisik seseorang berpengaruh pada menurunnya tingkat konsentrasi dan motivasi dalam bekerja. Sedangkan kita tahu bahwa konsentrasi dan motivasi sangat dibutuhkan ketika bekerja. Bila sudah terganggu, kecelakaan sangat mungkin terjadi.

Contoh faktor fisik ini adalah :
Kelelahan.
Menderita Suatu Penyakit.

Sedangkan faktor alat sendiri banyak dipengaruhi oleh :
Kondisi alat.

FAKTOR ALAT
Kondisi suatu peralatan baik itu umur maupun kualitas sangat mempengaruhi terjadinya kecelakaan kerja. Alat-alat yang sudah tua kemungkinan rusak itu ada. Apabila alat itu sudah rusak, tentu saja dapat mengakibatkan kecelakaan. Contohnya adalah :
Pipa yang sudah tua dan harusnya ada peremajaan tetap digunakan.
Alat-alat safety yang sudah rusak dan harusnya ada peremajaan tetap digunakan.

Karena banyaknya kesalahan dan kecelakaan akibat kerja maka dari itu Phitagoras Training and Consulting akan menyelenggarakan Training Ahli K3 Umum. didalam pelatihan ini akan banyak diberikan cara dan tips – tips agar bisa bekerja sesuai dengan standar K3. Informasi selengkapnya mengenai jadwal training ahli k3 umum dapat mengunjungi website kami di http://www.phitagoras.co.id

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: